Kamis, 25 Februari 2010

Guru itu bernama Slamet Riyadi

Ketika pertama kali aku datang dan mengajar di SMP Negeri 2 Bringin, waktu itu bernama Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) negeri 2 Bringin, tepatnya pada tanggal 1 Ju;i 2003, Mapel yang saya ampu adalah Muatan Lokal berupa Keterampilan Komputer.
Mengenalkan peserta didik pada komputer, pada waktu itu masih merupakan pekerjaan yang culup sulit, mengingat komputer pada tahun itu masih cukup "mewah" jika dilihat letak geografis SLTP 2 Bringin.

Dengan modal 12 unit komputer pentium satu, bermerk HP, harus mengajar anak sebayak 48 setiap kelasnya. dapat di bayangkan betapa berjejalnya kelas ketika itu. Bukan karena ruang yang kurang luas, tapi karena setiap unit komputer harus di "rubung" 4 siswa.

Sejak tahun pelajaran 2004/2005 keterampilan komputer dimasukan menjadi mata pelajaran inti dengan nama Teknologi Informasi dan Komunikasi dan menjadi satu kelompok dengan mata pelajaran Ilmu pengaetahuan alam dan teknologi. Sungguh suatu nama yang sangat keren,.....

Tidak banyak perubahan yang terjadi dengan fasilitas yang ada di lab komputer SMP Negeri 2 Bringin, kecuali sedikit penambahan dan penggatian menjadi pentium 3. Ditambah juga dengan LCD Proyektor, dan tidak ketinggalan dengan Modem evdo dari Ceria yang di gunakan untuk koneksi internet.

Saat ini di ruang guru sudah koneksi internet, jadi para guru sudah dapat melakukan koneksi internet secara rutin, mulai dari mencari artikel sampai menjadi anggota pada aplikasi jejaring sosail facebook. Senang rasanya teman-teman tidak ketinggalan dengan guru di sekolah lainnya.

Mengenalkan dan sedikit mengajarkan (sok sombong) pengetahuan ke TIK an yang kumiliki kepada teman-teman guru adalah salah satu jalan agar para teman tidak Gaptek. Dan saat ini hampir semua guru di SMP Negeri 2 Bringn sudah mengenal internet cukup baik, mulai dari browsing, download dokumen, artikel, sampai chating di facebook sudah dilakukan.


Slamet Riyadi, berasal dari sebuah desa yang terpencil, tapi berkecimpung dengan komputer sudah sejak masih 286 di Jakarta hingga saat ini sudah core,...... malah mungkin udah ga tahu lagi apa yang terbaru dari perkembangan hardware dan softwarenya. Karena memang TIK begitu cepat perkembangannya, hingga rasanya tidak kuat lagi untuk mengikutinya,.......

Mudah-mudahan Slamet Riyadi masih mau belajar dan belajar lagi, karena TIK bulani ini dengan bulan besok sudah berubah kalau tidak malah sudah berganti......

Beruntung sekali teman-teman di MGMP TIK Kabupaten Semarang bersedia membantu dan menularkan ilmunya kepadaku, sehingga kekurangan dan keterbatasan yang aku miliki dapat teratasi minimal tentang materi yang akan di sajikan dan diajarkan pada para siswa.

Yach,....... namanya saja Slamet Riyadi,.......

3 komentar:

  1. Assalamualikum Wr. Wb.
    Perkenalkan nama saya Joko Wiratno, Alumni SMPN 2 Bringin lulusan tahun 1995, saya selalu mencoba mencari informasi tentang Daerah Kec. Bringin khususnya sekitar Desa Pakis, dengan senang hati akhirnya menemukan Blog ini.
    sehubungan dengan posting yang ditulis Bp. Slamet Riyadi saya kira patut diacungkan jempol dimana bapak memberikan kemajuan tentang pendidikan di sekolah khususnya SMPN 2 Bringin. saya sendiri pada masa SMP di Negeri 2 Bringin belum mendapatkan mata pelajaran komputer, saya mengenal komputer pada masa sekolah lanjutan tingkat atas di SMA Kartika Jaya IV-1 Banyubiru Ambarawa dan itupun hardware dan Software-nya belum canggih seperti sekarang alias masih menggunakan Sistem DOS. saya mendukung sekali apabila Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di lingkungan sekolah khususnya di SMPN 2 Bringin lebih disesuaikan dengan kebutuhan masa depan nantinya yang akan dihadapi oleh para alumni baik secara pribadi maupun di lingkungan sekolah, pekerjaan hingga pergaulan sehari-hari, sehingga berdampak positif bagi mereka,
    Demikian, mungkin kalau membahas TIK dan teman-temanya akan tiada habisnya karena saya sendiri mempunyai pengalaman yang unik dengan hal tersebut.
    salam buat Ibu/Bapak Guru tercinta, yang masih saya ingat Ibu Mamun, Bp. Pardi, Bp. Warso, Ibu Endah, Bp. Tono dan lainya.
    terima kasih, wassalamualikum wr. wb.

    BalasHapus
  2. Saya juga alumni SMP N 2 bringin tahun angkatan 2005 , kangen sekali dengan sekolah ini dan para pengajarnya bpak ibu guru semua, sudah lama sekali gak ksekolah ini, sekarang ini tepatnya juli 2014 saya sedang lanjut kuliah ambil study fisika dan pendidikan fisika dan menyelesaikan skripsi akhir, i love you semu.thank gaisss :)

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum warrohmatullah hiwabarakatuh.

    Sang waktu meluncur begitu cepat..
    Saya alumni tahun 2000.
    Salam kenal silaturrahmi..
    Terima kasih bapak ibu yg sudah membimbing saya..
    Taklupa Pak Dono, pak Mulyanto,pak Toyo, pak bambang, pak pardi, pak sardi, ibu mamun, ibu endah, ibu endang
    Dan semua bapak ibu guru yg lupa gak di sebut dan tak lupa bapak kepala sekolah Bapak Drs Badri.
    Tak akan kulupa jasamu dan bimbinganmu yg bapak ibu berikan, dengan tulus dan sabar membimbing saya..

    Sekali lagi terimakasih
    Wassalamualaikum warohmatullahiwabarakatu.

    BalasHapus